AD (728x60)

Teknik Informatika

Diberdayakan oleh Blogger.

Total Pageviews

AD (728x90)

Blogger news

Sample Text

Definition List

Text Widget

About me

Formulir Kontak

Followers

Translate

Feature (Side)

Pages

Minggu, 22 September 2013

Pembelajaran Pemrograman WEB dan Adobe Flash

Share & Comment

A. Pemrograman WEB

WEB (World Wide Web ) adalah suatu ruang informasi di mana sumber-sumber daya yang berguna diidentifikasi oleh pengenal global yang disebut Uniform Resource Identifier (URI). WWW sering dianggap sama dengan Internet secara keseluruhan, walaupun sebenarnya ia hanyalah bagian dari padanya.
HTTP (HyperTextTransfer Protocol) adalah protokol yang dipergunakan untu mentransfer dokumen dalam World Wide Web(WWW). Protokol ini adalah protokol ringan, tidak berstatus dan generik yang dapat dipergunakan berbagai macam tipe dokumen.

1. Pasangan tag <HTML> dan </HTML> menandakan bahwa kode yang terdapat di dalamnya
adalah kode HTML sehingga browser akan menerjemahkan sebagai dokumen HTML Bagian yang terdapat dalam <HTML> dan </HTML> umumnya terbagi atas :
  • kepala, ditandai dengan pasangan tag <HEAD> dan </HEAD>
  • badan, ditandai dengan pasangan tag <BODY> dan </BODY>
2. Pada bagian kepala, bisa ditentukan judul dokumen HTML. Judul ini ditulis dalam pasangan
tag <TITLE> dan </TITLE>. Pada contoh di atas, judul dokumen HTML adalah Latihan Pertama. Judul ini diletakkan di bagian atas jendela browser.

Ada beberapa hal yang harus di ketahui dalam proses pembutan web :
  • Fungsi tag <BR> adalah untuk membuat baris baru atau berpindah baris. Contoh :
  • Tag <P> digunakan untuk membuat paragraf. Contoh :
  • Warna Font Atribut pada tag <FONT> yang berkaitan denganwarna teks yaitu COLOR, yang berguna untuk menentukan warna . Jika warna latar belakang yang akan diatur, pengaturan perlu dilakukan melalui tag <BODY> dengan properti berupaBGCOLOR. Tag BODY juga memiliki atribut bernama TEXT yang dapat digunakan untuk mengatur warna teks pada keseluruhan tubuh dokumen. 
B. Adobe Flash adobe flash adalah software yang dirancang untuk membuat animasi berbassis vektor dengan hasil yang mempunyai ukuran yang kecil. awalnya software ini memang diarahkan untuk membuat animasi atau aplikasi yang berbasis internet (online). tetapi dalam perkembangannya banyak digunakan untuk mengembangkan game atau bahan ajar seperti kuis atau simulasi.
dasar-dasar dalam mempelajari flash :
  • Pertama  kita  siapkan  bentuk  gambar  lingkaran  misalnya, menggunakan oval tool. letakkan pada frame 1. 
 

  •  selanjutnya klik kanan frame 25 dan klik insert blank keyframe

  • tampilkan timeline manjadi seperti ini
 

  • Biarkan  garis  merah  berada  pada  posisi  tersebut,  kemudian buatlah gambar kotak 
  • Lihat kondisi timeline sekarang:

  • Ok, sekarang klik frame diantar frame 1 dan frame 25, bisa anda klik pada frame 2-24 
  • Kemudian munculkan jendela properties bagian bawah layar:

  • Pada  bagian  tween,  pilih  “shape”.  Kemudian  tekan  enter.  Apa yang  terjadi?  Coba  anda  ulangi  tekan  tombol  enter  sampai faham kondisi apa yang terjadi.
  • Perubahan  bentuk,  semula  berupa  lingkaran,  perlahan-lahan berubah menjadi kotak. Ulangi latihan diatas.
Tags:

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Popular Content

Recent Posts

Why to Choose RedHood?

Mahasiswa Teknik Informatika UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Copyright © Light-Education | Designed by Templateism.com